Mengapa Tuhan Harus Menjawab Doa saya ?



Kali ini saya menulis tentang  pertanyaan yang sering ditanyakan : Mengapa Tuhan harus menjawab doa saya?”. Tolong jangan mencampur hal ini dengan pertanyaan lain yang juga sering ditanyakan: “Mengapa Tuhan tidak menjawab doa saya?” Ini 2 pertanyaan yang sangat berbeda .
Apakah anda pernah merasa doa-doa anda sepertinya tidak didengar ? Anda berdoa bagi perdamaian, pemulihan, transformasi, kesembuhan atau keuangan , tapi sepertinya tidak ada yang terjadi. Anda semakin dalam tenggelam dengan puasa , saat teduh dan pelayanan, tapi tetap saja, hasilnya hanyalah diamnya Tuhan” dan itu… menyakitkan. Anda mulai bertanya , "Mengapa Tuhan harus menjawab doa-doa saya? "
Itu sebenarnya pertanyaan sangat bagus . Mengapa Tuhan harus menjawab doa-doa anda? Pikirkan tentang hal ini sejenak . Berhentilah sebentar membaca artikel ini , ambil secarik kertas dan tuliskan mengapa anda berpikir Tuhan harus menjawab doa-doa Anda .

Apakah
ini alasannya? :
·         Saya sudah berdoa untuk waktu yang sangat lama
·         Saya berpuasa ketika saya berdoa
·         Saya mengkhususkanwaktu setiap minggu
·         Saya bersungguh-sungguh ketika berdoa
·         Saya bertobat dari semua dosa-dosa saya
·         Saya mengakhiri doa dengan "dalam nama Yesus "
·         Saya telah melakukan banyak hal yang baik minggu ini

Meskipun hal-hal diatas kelihatan bagus di permukaan, namun sayangnya itu bukan alasan mengapa Tuhan harus mendengar menjawab doa-doa kita .

Doa tidak
pernah menggerakkan Allah

Kedengarannya salah, bukan?
Kita sudah diajar untuk menekan dalam berdoa dan bahkan "menggerakkan surga" dengan doa-doa kita, tapi saya tidak percaya itu Alkitabiah. Saya tidak percaya kita bisa menggerakkan Allah dengan doa-doa kita , karena Allah sudah bergerak atas nama kita 2000 tahun lalu ketika Yesus mati di kayu salib . Segala sesuatu yang kita minta hari ini sudah diberikan melalui Kristus : Keselamatan , Kesembuhan ( fisik dan emosional ) , kebebasan , penyediaan dan pembebasan . Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus yang dalam Kristus telah mengaruniakan kepada kita segala berkat rohani di dalam sorga. (Efesus 1:3)
Kita seharusnya berdoa agar Allah membuka mata kita dan memperbaharui pikiran kita terhadap apa yang sudah kita miliki di dalam Kristus .

Anda tidak akan pernah cukup baik

Seringkali ketika kita berdoa , kita merasa seperti
nya doa-doa kita didengar lebih ketika kita berbuat baik dan kurang didengar ketika kita sedang melakukan dosa atau kesalahan. Ketika kita berdosa, kita jarang pergi pada Allah dalam doa karena berpikir bahwa kesalahan kita akan menghambat doa-doa kita . Kita percaya bahwa perbuatan baik kita menyenangkan Tuhan dan bahwa dosa kita tidak menyenangkan Tuhan . Tapi ingatlah ini : There’s only one thing that pleases God: faith. Believing pleases God.
“Tetapi tanpa iman (percaya) tidak mungkin orang berkenan kepada Allah” ( Ibrani 11:6 ) Jadi , apa yang kita harus percayai ? Kita harus percaya bahwa : Hanya Kristus yang memenuhi syarat!

Tidak peduli seberapa keras kita berusaha, kita tidak bisa cukup baik
dan memenuhi syarat. Semua orang telah menyeleweng, mereka semua tidak berguna, tidak ada yang berbuat baik, seorangpun tidak. (Roma 3:12) . Itulah sebabnya Allah mengutus Anak-Nya ke bumi . Yesus adalah sempurna dan tanpa dosa ( Ibrani 7:26) . Melalui hidupNya di bumi , Dia memenuhi semua persyaratan dari HukumTaurat (Roma 8:3-4 ) .


Hanya Kristus yang cukup baik .
Dalam Kristus , Allah mendengar doa-doa kita. Ketika kita menerima Kristus dalam hati kita , kita langsung menerima kebenaranNya dan kebaikanNya. Allah mengambil dosa kita dan menggantikannya dengan kebenaran Kristus . Berikut  2Kor 5:21 menggambarkannya :
Dia (Yesus) yang tidak mengenal dosa telah dibuat-Nya (Allah) menjadi dosa karena kita, supaya dalam Dia kita dibenarkan oleh Allah.

Dalam Kristus , Allah hanya melihat kebaikan kita . Itulah mengapa kita harus berdoa agar Tuhan memperbaharui pikiran kita dan mengubah kita dari dalam ke luar (identitas) bukan dari luar ke dalam (tindakan) .
Nah, karena Allah mendengar dan menjawab doa-doa Anda, ingatlah 2 hal ini :

 
-  Taruhlah iman anda di dalam Kristus. Mulailah memproklamasikan pertukaran surgawi (Gantikan dosa anda dengan kebenaran Kristus ) .
-    Ketika anda berdoa , jangan percaya pada kemampuan anda untuk berbuat baik . Percayalah hanya pada kebaikan Kristus .

Mari kita tutup artikel ini dengan berdoa bersama : “Bapa , bukalah mataku untuk kebenaran ini yang menjawab bahwa doa datang melalui kebaikan Kristus . Bantu aku melihat bahwa aku benar di dalam Kristus. Amen”


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ibrani 12:6 Tuhan mencambuk anak-anakNya?

SAAT PENGHAKIMAN DIMULAI (1 Petrus 4:17)

PENGAMPUNAN: Sesuatu yang Allah berikan ATAU Allah lakukan?